Tutorial Android Photography Tech Musik Game Travel Profilku Absurdnation BINGO! Image Map

August 15, 2013

Cerita seru penangkapan penipu FJB Kaskus secara online

Kaskusers Berhasil Membongkar Penipu Online Secara Online

Gue benar-benar terenyuh dan sekaligus terharu atas kekompakan yang dibangun oleh anak-anak kaskuser dalam membantu korban penipuan yang terjadi di forum Jual-Beli Kaskus.

Seorang pemilik akun dengan id kaskus amq09 suatu hari membeli Logam Mulia Antam 25 Gram dengan harga 12,1 juta. Karena tertarik dengan barang tersebut, amq09 langsung membelinya secara online lalu mentransfer sejumlah uang yang telah disepakati, yaitu Rp. 12,100.000,-. Namun jam demi jam dan hari demi hari, barang yang dibeli tidak juga datang. Sampai akhirnya amq09 curiga bahwa dirinya ditipu.

Amq09 terus bertanya kepada seller kenapa barangnya tidak juga terkirim. Seller online yang berinisial HH dengan id Kaskus hafidhassan beralasan barang belum terkirim karena dia tidak tahu cara mengirimnya, dan dengan sejumlah alasan lainnya. Dan karena barang tidak juga dikirim, akhirnya amq09 sadar bahwa dirinya kena tipu oleh si HH tersebut. Lalu menuliskan kekecewaan dan penyesalannya di lapak jual belihafidhassan. Berikut komentarnya.

“Hati-hati orang ini penipu, saya sudah mengirimkan uang 12 jt no rekber, pada saat post dia yang pertama tetapi barang tidak dikirimkan. Saya sudah iklaskan uang saya dan saya berani mempertanggung jawabkan pernyataan saya.”

Kecurigaan saudara amq09 kena tipu terjawab sudah setelah mendapati komentarnya dibalas dengan kata-kata yang benar-benar diluar dugaan. Bukan klarifikasi atau permintaan maaf yang diutarakan hafidhassan, melainkan membalas dengan komentar seolah dirinya tidak bersalah dan malah menganggap amq09 sedang menjelek-jelekan lapak dagangannya. Berikut balesan komentarnya.

mana buktinya?? hahah reker ko bsa nipu? black pada lg.y kamu minta tangung jawab bllack panda jngn syaa anehh
:ngakak bocah bngt

Mendapat balasan seperti itu, amq09 benar-benar sangat kaget dan kecewa, sekaligus sedih dan tentu saja mungkin kesal.

Ok, silahkan yang mau bertransaksi dengan agan ini, sebelumnya saya tidak menggunakan rekber dan tidak pernah menyebut satupun nama rekber di dalam pernyataan saya di atas, dan yang pasti barang saya tidak dikirim trus uang saya tidak di kembalikan. Jika ada yang merasa dirugikan, akibat pernyataan saya, silahkan PM dan kita bisa ketemuan. Tetap hati2 terhadap orang ini.

Kalau melihat bahasa dari amq09, terlihat sekali dia gelisah, kecewa, dan mungkin bingung harus berbuat apa, uang hilang dan dia tidak tahu berurusan dengan siapa, bahkan entah dimana orangnya. Yang dia rasakan, uang 12,1 jutanya telah hilang ditipu oleh HH.

Dan diluar dugaan, ternyata selama ini ada kaskuser yang memantau kejadian janggal di thread tersebut, dan mulai ikut bergabung menanggapi persoalan tersebut, sampai akhirnya dia yakin bahwa telah terjadi tindak penipuan di kaskus. Dan atas kemanusiaan dan juga rasa cintanya pada forum kaskus yang tidak mau dinodai, akhirnya kaskuser dengan id kaskus tiger2005 membuat thread dengan judul, “Kasian Banget Newbie Ini, Kena Tipu 12Juta di FJB.."

Tidak sangka, thread yang dibuat tiger2005 ternyata mengundang banyak simpati dari kaskuser lain. Secara kompak mereka terus memantau kejadian tersebut sambil terus update bukti-bukti penipuan dan mencari informasi spesifik hafidhassan. Dan akhirnya setelah beberapa hari terus ditelusuri, masalah semakin menemukan titik terang setelah beberapa kaskuser ada yang mempunyai informasi sang penipu dari alamat Facebook, no. HP, PIN BB, dan Foto-fotonya.

Sang penipu juga sempat menipu para kaskuser yang sedang memantau thread yang membahas informasi dia dengan mengirim pesan ke tiger2005 bahwa masalah dia dengan amq09 sudah diselesaikan secara kekeluargaan dan berjanji akan menggantinya. Tapi amq09 tidak merasa  masalah sudah clear, bahkan pesan dan telpon dia tidak dibales dan diangkat HH. Mengetahui hal tersebut,  para kaskuser  semakin bersemangat mencari informasi detil hafidhassan, dan akhirnya ada seorang kaskuser yang mengetahui alamat rumahnya. Lalu para kaskuser yang berada dekat lokasi rumah HH melakukan penyelidikan langsung ke rumah si penipu. Dan ketika mereka sudah yakin bahwa memang HH pelakunya, amq09 dan ditemani beberapa kaskuser melapor kepada polisi.

Sangat mengagetkan, ternyata penipu dengan id Kaskus hafidhassan adalah seorang siswa SMA. selain itu dia juga tidak hanya melakukan penipuan terhadap amq09, tapi kepada beberapa orang lainnya. Kini tersangka telah berada di kantor polisi.

Sungguh luar biasa kekompakan yang dibangun di media online. Meski saling berkominukasi dari jarak jauh, tapi karena masing-masing serius dan sungguh-sungguh, bahkan tidak sedikit yang rela begadang demi terus memantau update informasi, akhirnya kerja keras mereka membuahkan hasil. Sang penipu online bisa ditangkap polisi. Dan yang lebih mengagumkan lagi, mereka bisa sama-sama menahan emosi diri, sehingga tidak melakukan tindak anarkis. Padahal banyak yang mengusulkan dari kaskuser lainnya agar sebelum dilaporkan ke polisi, hafidhassansupaya dikasih pelajaran terlebih dahulu. Tapi tiger2005 bisa memberi intruksi online yang luar biasa, dan mereka akhirnya berhasil dengan jalan yang benar tanpa ada tindak main hakim sendiri.

Luarbiasa!

Semoga kita warga pengguna internet bisa mengambil hikmah dari cerita ini.
Berikut link kronologi kejadiannya secara lengkap jika mau mengikutinya. KLIK!

Berita Penangkapan oleh solopos.



sumber:@HaterToLovers




4 comments:

  1. Wew anak SMA jaman sekarang... (,,#゚Д゚) Untungnya udah selesai deh perkara! Uangnya dibalikin ga?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kaga tau, ga disebutkan sepertinya..
      belum baca keseluruhan juga.. panjang bener soalnya nih novel fiktif :D

      Delete
  2. Kebiasan baik, sangat kompak dengan pergerakan yg rapi. good:-)
    http://fmizar.blogspot.com

    ReplyDelete

Jangan lupa tinggalin komentar yee..

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...