Tutorial Android Photography Tech Musik Game Travel Profilku Absurdnation BINGO! Image Map

April 29, 2013

Tips nyimpen barang biar nggak lupa

Memento.

Sebenernya tips yang mau di share di sini itu terinspirasi dari film Memento. Sebuah film tahun 2000 yang keren dan mindblowing abis, karya Christopher Nolan yang menang banyak banget award. Film ini rating imdb-nya 8.6 dan termasuk dalam top 50 film in the world.

Kayak apa cerita di filmnya, silakan kalian googling sendiri, sedikit bocorannya adalah tentang seseorang yang punya penyakit yang membuat dia tiba-tiba lupa akan apa yang sedang dia lakukan, terutama saat dia ketiduran, pas bangun, dia nggak tau lagi dimana, dan abis ngapain. Jadi apa yang dia lakuin?

Setiap dia merasa 'harus inget sama sesuatu', dia ambil kamera polaroid dia, terus dia foto dan dia kasih notes sebelum dia lupa.




"Terus gimana bang kalo dia lupa nyimpen foto polaroidnya? Gimana dia inget kalo dia harus foto pake polaroidnya?"

Jawabannya adalah habit, atau kebiasaan. Kebiasaan ngefoto dan ngasih notes itu yang membuat dia bertahan hidup dan jadi bisa inget apa yang telah dia lakuin dan apa yang harus dia lakuin berikutnya. Lebih gilanya lagi, dia sampe bikin tato di badannya, supaya setiap dia buka baju, dia liat notes-notes itu ada di badannya dia, jadi nggak akan pernah lupa seumur hidup.

"Lo nyuruh kita bikin tato bang? Wah kacau lo bang, wah kacau wah kacau penonton bang."

Bukan gitu nyong, sabar dulu. Tips yang gue ambil mirip-mirip sama cara dia yang ngefoto sesuatu pake kamera polaroidnya. Sebelum tipsnya, gue mau cerita sedikit dulu kenapa gue posting tentang hal ini.

Jadi beberapa tahun terakhir ini, gue merasa ada yang salah sama diri gue, terutama sama memori atau ingatan gue. Dan gue merasa semakin lama semakin parah, kayak virus pikun melanda gue di usia muda. Ada banyak temen-temen gue yang marah sama gue karena hal ini. Contohnya saat gue lupa ulang tahun temen gue, lupa muka temen gue, bahkan yang paling parah gue gampang banget lupa siapa nama temen gue sendiri. Gue juga suka lupa dimana naro barang, lupa mau ngomong apa, bahkan barusan aja gue lupa mau nulis apa...... Oke untungnya sekarang udah inget.

So, buat temen-temen terdekat gue dan juga temen-temen yang mungkin pernah ketemu gue, gue mau minta maaf sebesar-besarnya, segede-gedenya, kalo gue lupa sama kalian. Tolong jangan sungkan-sungkan untuk nyebutin nama dan pernah ketemu dimana kalo emang kalian pernah ketemu gue sebelumnya, supaya gue inget lagi. Gue nggak bohong, memori gue bener-bener bermasalah beberapa tahun terakhir ini. :')

SEKARANG LANGSUNG KE TIPS NYIMPEN BARANG BIAR NGGAK LUPA NARONYA DIMANA!

Oke, ini adalah cara yang sangat-sangat simpel, yang kalian butuhkan adalah:

1. Handphone
2. Barang yang mau disimpen
3. Udah itu aja.

Caranya adalah:

1. Siapin barang yang mau kamu simpen, bisa berupa uang, benda kesayangan, benda yang sering ilang kayak gunting kuku, staples, kunci, terus.. bisa juga obat, kartu-kartu, sampe ke barang-barang elektronik dan barang yang berukuran kecil yang biasanya suka ilang.

2. Foto barang yang mau kamu simpen itu + tempat dimana kamu mau simpen barang itu. Contohnya begini:

Misalnya nyimpen memory card reader (benda kecil) di tas kamera.

Bisa juga buat ngingetin barang mana yang 
(kapan-kapan kalo udah ada duit) mau kita beli

Bisa juga buat ngingetin nama Obat yang 
namanya susah tapi manjur, resep dari dokter.

Misalnya mau nyimpen kartu-kartu penting di dalem kotak kartu nama.

Nah kotak kartu nama itu gue taro di dalem box "Documents" gue.


3. Biar lebih detail lagi, misalnya kamu simpen barang itu di kotak, foto lagi tempat dimana kamu naro kotak tersebut.

Misalnya di sini gue simpen kotak "Documents" gue tadi di rak buku gue.

4. Ulangi cara 1-3. Setelah fotonya kekumpul, bikin Album baru di handphone kamu. Kasih nama misalnya"REMEMBER" atau "BARANG PENTING" atau "JANGAN ILANG" atau "CEWEK SEKSI" pokoknya nama yang bikin kamu selalu pengen ngebuka dan ngecek album foto itu. Contohnya begini:


5. Terakhir, kamu bisa bikin notes untuk diri kamu sendiri, supaya kamu selalu inget sama album foto itu, caranya adalah jadiin background handphone kamu. Bisa juga background laptop kamu, background kulkas kamu, atau tempel di pintu kamar mandi jadi setiap kamu boker kamu pasti liat tulisan itu.

Cara ini juga berguna buat kamu yang lagi ada deadline atau todolist, jadi kemanapun kamu pergi, kamu akan selalu inget. Terutama kalo lagi liat handphone. Contohnya begini:

Nah sekarang jangan lupa naro HP nya dimana ya! Kebangetan kalo lupa juga naro HP dimana!!! (tunjuk diri sendiri, udah 4 hari lupa naro BB dimana)

Udah deh! Percaya deh, cara ini efektif banget, jadi kamu tau di mana kamu nyimpen barang-barang penting itu, dan nggak kehilangan lagi! Tapi by the way, ada nggak sih obat supaya otak dan memori jadi makin cihuy? Kalo ada boleh di share ya di comment :)

Semoga berguna dan bermanfaat!



sumber:benablog.com

0 komentar:

Post a Comment

Jangan lupa tinggalin komentar yee..

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...